SENTRA BERMAIN PERAN
KBIT Harapan Bunda Purwokerto menggunakan metode sentra sebagai kurikulum pendidikan. Proses belajar mengajar pun disesuaikan dengan tahap perkembangan tiap anak. Metode sentra atau Beyond Centers and Circle Time (BCCT) adalah model kurikulum pendidikan anak usia dini yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan tiga jenis main. Aktivitas main tersebut bertujuan menstimulasi perkembangan otak anak yang mendukungnya dalam proses belajar. Sensori, pembangunan, dan peran adalah tiga jenis main yang dibutuhkan anak usia dini.
Sentra bermain peran adalah salah satu sentra yang ada dalam metode ini. Sentra Main Peran Besar dalam model pembelajaran Metode Sentra adalah ibarat etalase bagi tampilnya wujud karakter yang sedang tumbuh pada diri anak. Buah dari pembangunan karakter dalam pendidikan adalah yang pertama-tama pemahaman. Pada anak usia dini, pemahaman didapat dari pengalaman-pengalaman langsung yang kemudian membantuk sikap-sikap, perilaku dan pola pikir (Yanto Musthofa, 2019).
Melalui aktivitas di sentra ini anak diajak untuk merasakan pengalaman langsung melakukan kegiatan yang membangun kognisi, afeksi dan psikomotoriknya. Misalnya seperti yang dilakukan siswa kami, mereka bermain peran sebagai dokter dan pasien. Mereka belajar mengembangkan kreativitas dan imajinasi, mengembangkan kemampuan berbahasa, serta membangun kepercayaan diri. Sentra peran juga menjadi media bagi guru dalam membentuk karakter anak melalui pengalaman langsung bukan sekadar melalui pengajaran verbal yang harapannya akan lebih terinternalisasi dalam diri anak. [FDA]