MENYUSURI PERJALANAN UANG DI REPUBLIK INDONESIA LEWAT OUTING CLASS

Selepas melaksanakan kegiatan penilaian akhir tahun (PAT) 2022, para siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Harapan Bunda Purwokerto mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan pembelajaran di luar atau outing class.

Pada kegiatan outing class kelas VII, para siswa berkunjung ke Sanggaluri Park, taman wisata berbasis edukasi yang terletak di Purbalingga. Di antara spot yang ada di wisata edukasi tersebut ada Museum Uang. Sebuah monumen perjalanan uang di Republik Indonesia dari masa ke masa.

Outing Class ini megajak siswa menapaki perjalanan uang orang Indonesia, mulai dari uang yang diterbitkan De Javasche Bank, Pemerintah Kerajaan Jepang Raya, hingga Bank Indonesia. Beragam koleksi uang kertas dan uang logam tersimpan rapi dalam bangunan berarsitektur Belanda tersebut, dari 5 sen, 10 gulden, 50 gulden, Rp 1 rupiah, Rp 100 rupiah, Rp 1000 rupiah dan sebagainya.

Bangunan yang terletak tidak jauh dari pintu masuk Sanggaluri Park ini Ide dan gagasan pendirian serta koleksi Museum Uang Purbalingga merupakan sumbangan dari keluarga Drs. H. Triono Budi Sasongko, M.Si. salah satu Bupati Purbalingga yang didukung oleh Bank Indonesia.

Koleksi di Museum Uang Purbalingga terdiri dari masa zaman kerajaan sampai kemerdekaan. Selain itu, Museum uang ini mengoleksi juga mata uang dari berbagai belahan dunia juga ada. Jika ditotal, kurang lebih ada koleksi mata uang dari 183 negara. [asr]

Berita Lainnya

LPIT Harbun menggelar kegiatan Mukhoyyam Al Qur’an ke 9

  Mukhoyyam Al Qur’an ke 9 LPIT Harbun Saat ini umat Islam perlahan tapi pasti terlihat mulai meninggalkan Al Qur’an. Jangankan mentadabburi, membacanya saja terkadang sudah tidak sempat lagi lantaran ‘kesibukan’ sehari-hari. Padahal, Rasulullah SAW dan para sahabat senantiasa berinteraksi secara intensif dengan dengan Al Qur’an sepanjang hayat. Karena hakikatnya, kunci kesuksesan, kemudahan dan kebahagiaan […]

KEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA MELALUI PENTIGRAF

Wow pentigraf? Barangkali serupa itu pertanyaan yang muncul ketika mendengar pentigraf. Orang-orang cenderung lebih mengerti dan mengenal cereta pendek atau cerpen dibanding sub menulis fiksi lainnya. Kenyataannya ada sub menulis fiksi yang bisa menjadi alterantif di tengah kebuntuan ide dan minimnya bendaraan kosa kata, yakni melalui pentigraf. Pentigraf merukan akronim Cerpen Tiga Paragraf. Sesuai dengan […]

DAFTAR PESERTA LULUS UJI PUBLIK AL QURAN BULAN SEPTEMBER

Pelaksanaan uji publik Al Quran bulan September telah selesai. Bersamaan dengan itu, keluarlah pengumuman daftar siswa yang dinyatakan lulus. Berikut daftar peserta uji publik yang lulus bulan September.
© 2024 Harapan Bunda Purwokerto