Kajian Akhlak: Tingkatkan Ukhuwah

 

SMP IT Harapan Bunda Purwokerto menggelar kajian bertemakan Ukhuwah Islamiah, Selasa (23/03/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara hybrid, online dan offline dengan natasumber Ustadzah Seli.

Belum disebut beriman salah seorang diantara kamu sehingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. (HR. Bukhori).

Hadist di atas menjadi pedoman dari Rasulullah tentang pentingnya menjaga hubungan dengan sesama manusia.

Tingkat Ukhuwah dari yang terrendah sampai yang tertinggi adalah sebuah ungkapan Salamatush Shadr semua umat muslim dengan memperkuat persaudaraan.

1. Ta’aruf
Ta’aruf adalah sebuah ungkapan yang saling mengenal satu sama lain dan hal ini adalah tingkatan yang paling dasar dalam Ukhuwah dengan melakukan perkenalan dalam individu.

2. Tafahum
Tafahum adalah sikap yang saling pengertian dengan melakukan proses yang akan terjadi secara alami, Misalnya, bagaimana cara memahami kelemahan atau kekuatan saudara kita, sehingga dapat tahu apa yang di sukai dan apa yang tidak kita sukai.

3. Ta’awun
Ta’awun adalah salah satu sikap dengan melakukan gotong royong dan hal ini akan terjadi dengan hati dan timbul rasa saling mendoakan dengan saling membantu.

4. Takaful
Takaful adalahs sebuah sifat sebagai ketekunan dalam timbal balik dan terus merasa senang bisa menyelesaikan perbuatan dengan cara bersama dan dapat berbagi dalam menyelesaikan masalah.

Terakhir adalah Itsar (Mendahulukan orang lain ikut diri sendiri).

Berita Lainnya

Menyiapkan Anak Memasuki Masa Aqil Baligh

Menyiapkan Anak Memasuki Masa Aqil Baligh dengan Memahami Kebutuhan Anak Seutuhnya Oleh Andri Yulianto (Founder Sekolah Aqil Baligh Purwokerto)   Dicatat Oleh : Abi Rayyan di Parenting Sdit Harbun Purwokerto , 30-01-2020   Jangan sekali-kali melakukan sesuatu tanpa ilmu pengetahuan tentangnya. Karena sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati yang merasakan. Semua akan dimintakan pertanggungjawabannya. (Lihat, Al […]

SMPIT HARAPAN BUNDA KIRIMKAN ATLET DI KEJUARAAN PENCAK SILAT

Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto mengirimkan atlet pencak silat pada kejuaran KOSEGU CHAMPIONSHIP XI Tapak Suci Putera Muhammadiyah Banyumas. Kegiatan yang digelar di Auditorium Ukhuwah Islamiyah berlangsung pada 10-12 Februari dan  diikuti sekitar 700 peserta dari usia dini hingga dewasa. Ketua Umum Pimpinan Daerah Tapak Suci 041 Banyumas, M. Thoriq Nur Ikshan […]

SENTRA BAHAN ALAM

Satu sentra yang ada di TKIT Harapan Bunda adalah sentra bahan alam. Sentra ini sebagai wahana pengalaman anak untuk berinteraksi langsung dengan lingkungannya dan bereksplorasi dengan bahan-bahan alam untuk menemukan pengetahuan dan konsep sains. Di Sentra Bahan Alam, anak bisa belajar sains dan bentuk hukum-hukum fisika sederhana dengan menggunakan bermacam-macam bahan dan alat permainan. Kegiatan […]
© 2024 Harapan Bunda Purwokerto