Kajian Akhlak: Tingkatkan Ukhuwah

 

SMP IT Harapan Bunda Purwokerto menggelar kajian bertemakan Ukhuwah Islamiah, Selasa (23/03/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara hybrid, online dan offline dengan natasumber Ustadzah Seli.

Belum disebut beriman salah seorang diantara kamu sehingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. (HR. Bukhori).

Hadist di atas menjadi pedoman dari Rasulullah tentang pentingnya menjaga hubungan dengan sesama manusia.

Tingkat Ukhuwah dari yang terrendah sampai yang tertinggi adalah sebuah ungkapan Salamatush Shadr semua umat muslim dengan memperkuat persaudaraan.

1. Ta’aruf
Ta’aruf adalah sebuah ungkapan yang saling mengenal satu sama lain dan hal ini adalah tingkatan yang paling dasar dalam Ukhuwah dengan melakukan perkenalan dalam individu.

2. Tafahum
Tafahum adalah sikap yang saling pengertian dengan melakukan proses yang akan terjadi secara alami, Misalnya, bagaimana cara memahami kelemahan atau kekuatan saudara kita, sehingga dapat tahu apa yang di sukai dan apa yang tidak kita sukai.

3. Ta’awun
Ta’awun adalah salah satu sikap dengan melakukan gotong royong dan hal ini akan terjadi dengan hati dan timbul rasa saling mendoakan dengan saling membantu.

4. Takaful
Takaful adalahs sebuah sifat sebagai ketekunan dalam timbal balik dan terus merasa senang bisa menyelesaikan perbuatan dengan cara bersama dan dapat berbagi dalam menyelesaikan masalah.

Terakhir adalah Itsar (Mendahulukan orang lain ikut diri sendiri).

Berita Lainnya

LAGI, SISWA SMP IT HARAPAN BUNDA RAIH PRESTASI DI AJANG NASIONAL

SMP IT Harapan Bunda Purwokerto kembali mendapatkan prestasi dari salah satu siswanya. Siswa atas nama Talitha Calluella H berhasil masuk peringkat delapan besar dalam Story Telling Competition Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Topaz Global Educatioan. Ustadz Shodikin selaku Koordinator Bidang Kesiswaan mengatakan keikusertaan SMP IT Harapan Bunda Purwokerto dalam perlombaan dimaksudkan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan […]

Coming Soon In House Training bersama Ust.Ibrahin Mandres

Opinion leader (pemimpin opini) memegang posisi sentral dalam mempengaruhi suatu kelompok masyarakat tertentu. Hal ini terjadi karena pemimpin opini memiliki keteladanan yang dapat ditiru dan diikuti oleh kebanyakan pihak lain. Dalam hal ini Tenaga pendidik sebagai opinion leader di lingkungan institusi pendidikan juga memiliki posisi sentral dalam membentuk karakter atau kepribadian peserta didik. Keteladanan dalam […]

PEMILIHAN KETUA OSIS SMP IT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO

PILKAOS SMP IT Harapan Bunda Purwokerto dilaksanakan kamis (26 /8) pukul 08.30- 09.30. Pemilihan ketua dan wakil ketuaosis ini melibatkan seluruh warga sekolah SMP IT Harapan Bunda Purwokerto yang terdiri dari santri, guru dan seluruh karyawan sekolah. Pemilihan dilakukan dengan dua cara yaitu pencoblosan secara langsung dan  melalui e vote untuk yang daring. Pemilihan secara […]
© 2023 Harapan Bunda Purwokerto