BELAJAR DARI RUMAH DI TENGAH PANDEMI

Wabah pandemi Covid-19 belumlah mereda. Belakangan ini jumlah orang yang terinveksi virus di Indonesia mencapai 100 ribu orang. Hal tersebut sangatlah mengkhawatirkan. Melihat hal demikian membuat pemerintah Kabupaten Banyumas mengeluarkan surat edaran pembatasan aktivitas di luar, salah satunya dengan keluarnya kebijakan belajar dari rumah.

Berdasarkan kebijakan tersebut, Sekolah Mengenah Pertama Islam Terpadu Harapan Bunda (SMP IT Harapan Bunda) Purwokerto menyiapkan pembelajaran secara daring guna mendukung program belajar dari rumah.

“Pembelajaran daring ini kami coba susun dalam rangka mendukung program belajar dari rumah yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinas Pendidikannya. Siswa nantinya mendapat lembar portofolio yang berisikan panduan pembelajaran, penugasan.  Aplikasi pembelajaran kami memanfaatkan Google Classroom. Nantinya setiap pengampu mapel membagikan materi dalam bentuk video ke dalam Google Classroom tersebut,” terang Koordinator Bidang Kurikulum SMP IT Harapan Bunda Purwokerto, Ustaz Rifqi Subekti, S.Pd.

Beliau menjelaskan lebih lanjut, porotofolio pembelajaran itu dimasukan ke dalam goodie bag yang kemudian diberikan ke orangtua, wali siswa SMP IT Harapan Bunda Purwokerto perdua pekan sekali.

“Goodie bag ini kami berikan ke orangtua, wali siswa setiap dua pekan sekali. Di dalam goodie bag telah tersedia jadwal pembelajaran, tujuan pembelajaran, Standar Komptensi Kelulusan, panduan, dan  penugasan serta ada lembar pengalaman pembelajaran yang harus diisi siswa,” jelasnya lagi.

Pembelajaran pada masa pandemi disusun secara khusus dengan memperhatikan keadaan siswa ataupun wali siswa. [asr]

Berita Lainnya

MANFAATKAN TERITORI UNTUK MENGUATKAN KARAKTER SISWA

Pasca kasus pertama Corona di bulan Maret 2020. Praktis pembelajaran dilakukan dari jarak jauh sampai di semester baru tahun 2020/2021. Kondisi ini mengakibatkan pertemuan siswa dengan guru menjadi terbatas dan hanya bisa melalui daring. Ketika kegiatan perlahan kembali dibuka dimanfaatkan betul oleh SMP IT Harapan Bunda Purwokerto untum menggelar Pembelajaran berbasi teritori.   Dalam pembelajaran […]

RATUSAN WALI SISWA IKUTI PARENTING TUMBUH KEMBANG ANAK

Ratusan orangtua yang tergabung dalam wali siswa Harapan Bunda Purwokerto mengikuti kegiatan Webinar dalam rangka Open House Virtual Harapan Bunda Purwokerto dengan tajuk “Mengelola Perubahan Perilaku Anak”, Sabtu (07/11/2020). Kegiatan yang dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) itu menggunakan aplikasi ZOOM dan disiarkan langsung di YouTube. Hal tersebut dilakukan mengingat keterbatasan pelaksanaan kegiatan di masa pandemi. […]

JELANG TAHUN AJARAN BARU, SMP IT HARAPAN BUNDA GELAR WEBINAR PENDIDIKAN

Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Harapan Bunda Purwokerto menggelar webinar pendidikan sambut tahun ajaran baru. Kegiatan yang mengundang narasumber nasional, yakni Munif Chatib itu mengambil tema “Menumbuhkan Karakter Positif Di Era Blended Learning”. Pada gelaran webinar tersebut, seluruh guru dan karyawan SMP IT Harapan Bunda mengikuti secara antusias. Webinar menjadi tempat yang bermanfaat khususnya dalam […]
© 2019 Harapan Bunda Purwokerto