MPLS: Bijak Menggunakan Gadget

Ngomongin Gadget

Wabah Pandemi yang melanda dunia, khususnya Indonesia menyebabkan perubahan dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah.

Kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya dilaksanakan secara luring di sekolah sementara ini harus dilakukan secara daring dari rumah.

Kondisi ini mengakibatkan peningkatan jumlah durasi penggunaan gawai bagi siswa mengingat pelaksanaan pembelajaran berbasiskan daring menggunakan gadget/laptop.

Sebelum adanya PJJ, para ahli mengatakan maksimal penggunaan gawai bagi anak usia 12-15 tahun atau setingkat menengah pertama adalah 2 jam perharinya. Pemberlakukan PJJ membuat penggunaan gawai meningkat melebihi batas normal.

Melihat hal demikian, SMP IT Harapan Bunda Purwokerto dalam sesi MPLSnya memberikan pengarahan dalam webinar manajemen gadget.

PJJ tidak lantas menjadikan seorang siswa gadgetan terus. Setidaknya ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan gawai.

Pertama tentang durasi. Lama waktu menggunakan gawai harus tetap dibatasi. Ketika standar menggunakan gawai adalah 2 jam perhari sedangkan pada masa PJJ bisa melebihi 2 jam, maka jalan terbaik adalah setiap maksimal dua jam sekali, berikan hak tubuh untuk istirahat.

Kedua tentang konten. Konten apakah yang dikonsumsi selama menggunakan gawai? Apakah mendukung dalam mewujudkan cita citanya atau menghambat. Jika konten yang dikonsumsi adalah menghambat maka segera berhenti untuk mengikuti atau mengonsumsinya.

Melalu pemahaman ini diharapkan siswa mampu mengelola dirinya agar tetap menjadi tuan bagi teknologi, bukan menjadi budak/pembantuk teknologi [asr]

Berita Lainnya

MPLS SMPIT HARBUN RESMI DIBUKA

Wakil Kepala Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Harapan Bunda Purwokerto, ustadzah Retno membuka pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2022, Rabu (13/07). Kegiatan yang dipusatkan di Aula SMPIT Harapan Bunda Purwokerto ini diikuti oleh seluruh siswa dari jenjang level kelas 7 sampai 9. MPLS tahun ini menjadi spesial karena dilaksanakan selepas masa […]

INILAH HASIL LENGKAP PILKAOS SMP IT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO 2022

Siswa SMP IT Harapan Bunda Purwokerto telah menunaikan hak demokrasinya dengan memilih Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP IT Harapan Bunda tahun 2022. Kegiatan pencoblosan yang dilakukan selepas jam KBM itu diikuti oleh seluruh siswa dan asatidz/ah SMP IT Harapan Bunda Purwokerto. Pada pilkaos tahun ini diikuti oleh empat pasangan calon yang semuanya berasal dari […]

PETUNJUK TINTA BIRU; KARYA KREATIF SISWA SMP IT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO

Berkarya dan terus berkarya. Begitulah pembuka buku ini. Buku yang berjudul Tinta Biru: Kisah Petualang dan Mister di Balik Cerita itu merupakan kumpulan cerita dari beberapa penulis remaja. Beberapa diantaranya merupakan siswa SMP IT Harapan Bunda Purwokerto, yakni Atikah Huwaidah dan Razita Aulia Kiasatina. Buku yang menceritakan petualangan dan misteri dibalut oleh ikatan persahabatan. Pesan […]
© 2024 Harapan Bunda Purwokerto