MPLS: Bijak Menggunakan Gadget

Ngomongin Gadget

Wabah Pandemi yang melanda dunia, khususnya Indonesia menyebabkan perubahan dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah.

Kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya dilaksanakan secara luring di sekolah sementara ini harus dilakukan secara daring dari rumah.

Kondisi ini mengakibatkan peningkatan jumlah durasi penggunaan gawai bagi siswa mengingat pelaksanaan pembelajaran berbasiskan daring menggunakan gadget/laptop.

Sebelum adanya PJJ, para ahli mengatakan maksimal penggunaan gawai bagi anak usia 12-15 tahun atau setingkat menengah pertama adalah 2 jam perharinya. Pemberlakukan PJJ membuat penggunaan gawai meningkat melebihi batas normal.

Melihat hal demikian, SMP IT Harapan Bunda Purwokerto dalam sesi MPLSnya memberikan pengarahan dalam webinar manajemen gadget.

PJJ tidak lantas menjadikan seorang siswa gadgetan terus. Setidaknya ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan gawai.

Pertama tentang durasi. Lama waktu menggunakan gawai harus tetap dibatasi. Ketika standar menggunakan gawai adalah 2 jam perhari sedangkan pada masa PJJ bisa melebihi 2 jam, maka jalan terbaik adalah setiap maksimal dua jam sekali, berikan hak tubuh untuk istirahat.

Kedua tentang konten. Konten apakah yang dikonsumsi selama menggunakan gawai? Apakah mendukung dalam mewujudkan cita citanya atau menghambat. Jika konten yang dikonsumsi adalah menghambat maka segera berhenti untuk mengikuti atau mengonsumsinya.

Melalu pemahaman ini diharapkan siswa mampu mengelola dirinya agar tetap menjadi tuan bagi teknologi, bukan menjadi budak/pembantuk teknologi [asr]

Berita Lainnya

KESERUAN SISWA SMP IT HARAPAN BUNDA IKUTI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Dalam upaya untuk menegakkan Kegiatan Belajar Bengajar (KBM) di tengah Pandemi Covid-19, SMP IT Harapan Bunda Purwokerto memberikan pendidikan kepada anak-anak tentang kecakapan hidup, yakni pendidikan yang bersifat kontekstual sesuai kondisi rumah masing-masing. Hal itu sebagai pelayanan pendidikan kepada peserta didik pada situasi pandemi saat ini sehingga kebutuhan belajar peserta didik terpenuhi. Kecakapan hidup (life […]

BPI SMPIT HARAPAN BUNDA GELAR MULTAQO MURABBI

Pada hari Selasa, 31 Agustus 2021 bertempat di Musola SMPIT Harapan Bunda Purwokerto dilaksanakan kegiatan Multaqo Murabbi. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh dewan guru SMPIT Harapan Bunda. Pelaksaan Multaqo Murabbi dilakukan mulai pukul 13.00 sampai 14.30 WIB. Multaqo Murabbi menjadi sarana pembekalan bagi seluruh dewan guru dalam menjalankan kegiatan pembinaan Bina Pribadi Islam. Dalam kesempatan […]

Mengelola Perubahan Perilaku Anak

  Anak adalah karunia sekaligus amanah terbesar dari Allah. Perubahan perilaku anak merupakan momentum penting yang signifikan. Bagaiaman anak berubah dan kemana arah perubahan, sangat berkait dengan pendidikan maupun kesiapan yang ia miliki sebelumnya. Hal itu disampaikan oleh Ustadz Muhammad Fauzil Adhim pada kegiatan Webinar Parenting dalam rangka Open House Virtual Harapan Bunda Purwokerto 2020. […]
© 2019 Harapan Bunda Purwokerto