Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Online

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Online
Bagi Guru Harapan Bunda

Pandemi Covic-19 membuat siswa harus belajar dari rumah. Agar kegiatan belajar dari rumah menjadi berkualitas , guru bisa menerapkan pembelajaran dalam jaringan ( Daring ) dengan menggabungkan beberapa model pembelajaran.

Dalam menyampaikan pesan atau informasi, khususnya dalam proses pembelajaran Daring diperlukan adanya media dan alat bantu pembelajaran yang akan mengefektifkan tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam pendidikan, media berfungsi sebagai sarana fisik penyampaian materi, dan pembawa pesan.
Oleh karena media online yang dapat digunakan sangat beragam, maka pendidik perlu menguasai Media pembelajaran online dalam kegiatan pembelajarannya.

Untuk meningkatkan kemampuan Guru dalam membuat bahan ajar , maka LPIT Harapan Bunda Purwokerto telah mengadakan pelatihan pembuatan media pembelajaran online untuk semua guru/Ustadz dan ustadzah Lembaga Pendidikan dibawah naungan yayasan Permatahati Purwokerto mulai tingkatan BC, KB, SD01,SD02 dan SMPIT sebanyak ± 100 peserta.

 

Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari, Senin , 6 Juli 2020 s/d Selasa ,7Juli 2020 dari jam 08:00 s/d 14:00 , bertempat di Gedung Lantai 3 SDIT Harapan Bunda Purwokerto Jl.KH.Wahid Hasyim Gg.Pesarean RT.01 RW.01 Karangklesem Kec.Purwokerto Selatan Kab.Banyumas. Sebagai Narasumber Praktisi pendidikan Dosen dari Universitas Amikom Purwokerto.

Materi Pelatihan meliputi Pemaparan teori dan Praktek :
1. Pengantar Media Pembelajaran dan Persiapan Hardware dan Software disampaikan oleh Argiyan Dwi Pritama,S.Kom.,M.Si
2. Pembuatan Media Presentasi Menggunakan Power Point disampaikan oleh Hellik Hermawan,M.Kom.
3. Public Speaking pada Media Pembelajaran disampaikan oleh Rois Apriantoni,S.Kom
4. Praktek pengambilan gambar menggunakan Kamera dan Mengcapture layar di laptop disampaikan oleh Argiyan Dwi Pritama,S.Kom.,M.Si dan Rois Apriantoni,S.Kom
5. Praktek editing Video untuk dijadikan media pembelajaran disampaikan oleh Hellik Hermawan,M.Kom.
6. Praktek penggunaan Googe Classroom dan Google Form disampaikan oleh bambang Pilu Hartato,S.Kom.,M.Eng.

Pelatihan berjalan dengan lancer dan diikuti dengan Antusias oleh seluruh Ustadz dan Ustadzah Harapan Bunda.

Hasil pelatihan langsung diterapkan untuk pembelajaran Daring tahun ajaran 2020-2021. Sehingga diharapkan pembelajaran di musim Pandemi Covic-19 lebih menarik dan berkwalitas.

Berita Lainnya

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Mental

Bulan Ramadan sebagai bulan mulai yang di dalamnya terkandung perintah puasa memiliki berbagai keistimewaan.   Puasa memiliki manfaat selain untuk fisik juga berdampak pada kesehatan mental/jiwa. Selama ramadhan, biasanya orang-orang memiliki berbagai acara sosial, seperti berbuka bersama. Aspek inilah yang membuat puasa bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan mental. Beberapa manfaat puasa lain bagi kesehatan mental […]

PENGUATAN ADAB LEBIH UTAMA

Pembelajaran di luar kelas yang dilaksanakan oleh SMP IT Harapan Bunda dimanfaatkan tim kesiswaan untuk menguatkan adab siswa. Darurat Covid-19 berdampak pada proses pendidikan. Pada bulan Maret selepas diumumkannya kasus Covid-19 di Indonesia, kebijakan kepala daerah mengharuskan proses pembelajaran dilangsungkan dari rumah. Hal tersebut dimaksudkan dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19. Kondisi tersebut menyebabkan proses belajar […]

Fun Week, Awal PTM Terbatas yang Menyenangkan

Ada yang berbeda dengan pembagian laporan hasil belajar (raport) semester 1 tahun pelajaran 2021 / 2022 di SDIT Harapan Bunda 2 Purwokerto (Harbun2). Pembagian raport dilakukan menjelang dimulainya semester 2. Pembelajaran semester 2 ini, Bupati melalui dinas pendidikkan sudah mengizinkan semua sekolah melakukan pertemuan tatap muka (PTM) terbatas, bagi sekolah yang sudah siap. Insya allah […]
© 2024 Harapan Bunda Purwokerto