Hari Pertama MPLS: Adab Siswa Terhadap Guru

Perpindahan pembelajaran luring menjadi pembelajaran daring menyisakan evaluasi. Hal tersebut dikarenakan situasi daring tidak bisa membuat siswa dan guru bertatap muka secara langsung dalam ruang kelas sebagaimana pada kegiatan pendidikan sebelumnya.

Melihat hal demikian, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) menjadi begitu penting untuk memberikan pijakan penguat kepada para siswa menyambut dan menjalani pembelajaran di tahun ajaran baru.

Pada hari pertama MPLS, SMP IT Harapan Bunda Purwokerto memberikan pijakan tentang adab seorang siswa terhadap guru, khususnya di tengah masa pandemi seperti sekarang ini.

Ustadz Aa Hidayat dalam penyampaiannya menekan pentingnya perilaku dan akhlak seorang siswa terhadap ilmu dan guru.

Dalam Islam, etika biasa dikenal dengan adab. Dan etika sangatlah penting dimiliki oleh seseorang sebelum menuntut ilmu. Sebagaimana yang telah dikatakan oleh Imam Malik r.a bahwasanya “Belajarlah adab terlebih dahulu, sebelum engkau mempelajari pengetahuan”

Sejatinya, menuntut ilmu adalah mencari keberkahan dari Allah SWT melalui guru. Karena itulah murid harus menghormati, menghargai dan menujunjung tinggi para guru. Jika tidak melakukannya, keberkahan tersebut tidak dapat mengalir dengan lancar. [asr]

Berita Lainnya

?????Fun Cooking Bersama Keluarga????

????????? H-2 menuju….??? F . U . N C . O . O . K . I . N . G Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Teman-teman dalam rangka Program Halaqoh Bersama Keluarga mari kita akan semarakan dengan ??‍???‍? Fun cooking ??‍???‍? membuat makanan atau minuman SEHAT. ? Makanan sehat, bisa untuk sarapan/makan siang/hidangan berbuka puasa (berkaitan […]

Assesment

Dalam Al Quran QS. An Nisa ayat 9 Allah berfirman yang artinya ”Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka.” … (QS. An Nisa : 9) Untuk itu, dalam rangkan upaya menyiapkan generasi yang tangguh dalam menghadapi segala tantangan, kami menyelenggarakan kegiatan assesment psikologi […]

5 S (Senyum Salam Sapa Sopan Santun)

Guru merupakan salah satu pembentuk karakter peserta didik di sekolah. Banyak cara yang dapat dilakukan guru dalam membentuk karakter peserta didik di sekolah dan salah satunya adalah dengan cara sederhana yaitu menerapkan budaya 5 S “Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun).
© 2024 Harapan Bunda Purwokerto