LOMBA MEMBACA UUD 1945 DI SMP IT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO DALAM RANGKA MEMPERINGATI KEMERDEKAAN INDONESIA KE 78

Indonesia, negeri yang kita cintai, merayakan kemerdekaannya setiap tanggal 17 Agustus. Sebagai wujud penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan dan sebagai upaya untuk memperkuat rasa cinta tanah air, berbagai kegiatan digelar di seluruh penjuru negeri. Salah satu cara yang unik dan bermakna dalam memeriahkan momen bersejarah ini adalah melalui “Lomba Membaca UUD 1945” yang diadakan di SMP IT Harapan Bunda Purwokerto.

Tahun ini, SMP IT Harapan Bunda Purwokerto mengambil inisiatif yang inspiratif dengan mengadakan Lomba Membaca UUD 1945. Kegiatan ini bertujuan tidak hanya untuk menghormati konstitusi negara, tetapi juga untuk mengajarkan kepada generasi muda betapa pentingnya memahami dasar-dasar hukum dan prinsip-prinsip yang membentuk dasar negara Indonesia.

Lomba ini mengundang partisipasi siswa-siswa SMP, yang merupakan generasi penerus bangsa, untuk memahami dan membacakan dengan lancar pasal-pasal UUD 1945. Melalui lomba ini, mereka tidak hanya diberikan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum, tetapi juga untuk mendalami nilai-nilai kebangsaan dan rasa cinta pada tanah air.

Kegiatan ini bukan hanya tentang menampilkan kemampuan siswa dalam membaca, tetapi juga tentang memahami substansi dari UUD 1945 itu sendiri. Dalam sebuah konteks yang santai dan mendidik, siswa-siswa diberi kesempatan untuk merenungkan arti sebenarnya dari setiap pasal UUD 1945. Pemahaman tentang hak-hak dan kewajiban warga negara, struktur pemerintahan, dan nilai-nilai dasar negara Indonesia menjadi fokus penting dalam lomba ini.

Salah satu hal yang membuat lomba ini lebih berarti adalah pendekatan kreatif yang diambil oleh SMP IT Harapan Bunda Purwokerto. Mereka tidak hanya mengajak siswa membaca UUD 1945 secara mekanis, tetapi juga menyelipkan penjelasan singkat tentang konteks sejarah di balik masing-masing pasal. Hal ini membantu siswa dalam menghubungkan isi teks dengan peristiwa-peristiwa penting dalam perjalanan sejarah Indonesia.

Selain meningkatkan pemahaman tentang konstitusi, Lomba Membaca UUD 1945 juga menjadi sarana membangun kebersamaan dan semangat nasionalisme di antara siswa-siswa. Mereka dapat merasakan kebanggaan dalam memperkenalkan diri mereka sebagai bagian dari generasi yang menghormati dan memahami konstitusi Indonesia.

Dengan melibatkan siswa-siswa dalam kegiatan seperti ini, SMP IT Harapan Bunda Purwokerto tidak hanya merayakan kemerdekaan sebagai peristiwa sejarah, tetapi juga membantu membentuk karakter dan identitas nasional para siswa. Melalui pemahaman yang lebih dalam tentang UUD 1945, mereka diajak untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab, sadar akan hak-hak dan kewajiban mereka, serta siap berkontribusi dalam memajukan Indonesia ke depan.

Sebagai bukti bahwa pendidikan adalah tonggak utama dalam membangun bangsa, Lomba Membaca UUD 1945 di SMP IT Harapan Bunda Purwokerto menjadi contoh nyata bagaimana perayaan kemerdekaan dapat disatukan dengan pendidikan yang bernilai tinggi. Dengan semangat patriotisme yang berkobar, generasi muda ini terus diingatkan bahwa kemerdekaan bukan hanya sekadar tanggal dalam kalender, tetapi juga warisan berharga yang harus dijaga dan diperjuangkan setiap hari. [anf]

Berita Lainnya

MUNAQOSYAH Tilawah WAFA

Salah satu program unggulan Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto adalah Tahsin dan Tahfidz Qur’an. Pada tanggal 28-29 Januari 2023 LPIT Harapan Bunda Purwokerto yang bermitra dengan WAFA Indonesia, Lembaga independent belajar Al Qur’an Metode Otak Kanan menggelar kegiatan MUNAQOSYAH Tilawah. Munaqosyah Tilawah merupakan salah satu bentuk program penjamin mutu siswa dan guru dari […]

BACK TO SCHOOL

Ajaran baru semangat baru!! Dunia pendidikan tentu tidak lepas dari materi pembelajaran. Untuk itu sebagai unit usaha di lingkup Harapan Bunda, Sukses Multi Sarana selalu siap sedia dalam pengadaan buku pelajaran. Pendataan dan pendistribusian kepada unit SD1, SD2 dan SMP.

LAGU INDONESIA RAYA, SEBUAH DOA UNTUK IBU PERTIWI

Siswa-siswa SMP Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto merayakan momen bersejarah dalam upacara bendera yang dilaksanakan dengan khidmat di lapangan sekolah. Setiap prosesi upacara tidak hanya mengibarkan bendera merah putih, tetapi juga memenuhinya dengan lantunan lagu kebangsaan yang sarat makna. Lagu “Indonesia Raya” bukan sekadar lagu, melainkan sebuah doa yang terpanjat untuk Ibu Pertiwi. Dalam suasana […]
© 2024 Harapan Bunda Purwokerto