Parenting Harbun2: Mengenal Pola Asuh Anak yang Efektif di Era Digital

Anak-anak adalah amanah bagi setiap orang tua untuk melanjutkan generasi di masa depan. Tantangan kehidupan di setiap zaman selalu berubah. Oleh karenanya setiap orang tua, guru dan semua orang dewasa yang  yang peduli dengan anak-anak dan masa depan kehidupan bangsa, harus bisa memberikan bekal yang layak bagi anak untuk menghadapi tantangan kehidupan di zamannya.

Orang tua butuh kemampuan dan keterampilan yang cukup agar bisa memberikan bekal yang layak bagi anak-anak.  Untuk itu, ilmu dan skill yang mumpuni mutlak dibutuhkan. Oleh karena itu Komite SDIT Harapan Bunda 2 ((Harbun 2) menggelar Kegiatan Parenting Online dengan tema “Mengenal Pola Asuh Anak yang Efektif di Era Digital” hari ahad, 27 Februarin 2022.

Kegiatan Parenting ini menghadirkan Psikolog Rumah Sakit Banyumas, yakni Ibu Ratih Winanti, S. Psi., M. H. Psi. Kegiatan ini dihadiri oleh 94 pesertan menggunakan platform pertemuan online google meet. Kegiatan Parenting dihadiri oleh Ketua Komite beserta jajarannya, Kepala SDIT Harapan Bunda 2 Purwokerto, Ustadz dan Ustadzah Harbun 2, dan Orang tua siswa Harbun 2.

Acara diawali pembacaan ayat Suci Al Quran oleh Ananda Yashira, kemudian sambutan oleh Ketua Komite dan Kepala Sekolah Harbun 2. Dalam sambutannya, Ketua Komite, Bapak Doddy Prestiantoro menyampaikan terima kasih atas partisipasi Keluarga Besar Harbun 2 dalam persiapan dan pelaksanaan acara. Beliau juga berharap peserta mengikuti acara sampai selesai mengingat pentingnya acara tersebut. Kepala Sekolah Harbun 2, Ustadzah Shanti Nurhayati, menyambut baik pelaksanaan program sekolah sebagai wujud dukungan terhadap kegiatan sekolah. Beliau juga menyampaikan pentingnya pendampingan orang tua dengan perkembangan era digital. Orang tua juga harus siap dan mempersiapkan ananda hidup berdampingan dengan era digital.

Dalam materinya, Ibu Ratih menyampaikan bahwa salah satu tugas orang tua adalah mempersiapkan anak memasuki zamannya, yaitu era digital. Di era digital ini, anak-anak beramai-ramai membuat akun jejaring social (FB,IG,Twittern Youtube dll) untuk membuktikan pada dunia bahwa mereka ada.

Di era digital ini, orang tua harus bisa mengarahkan anak-anak untuk hal yang bermanfaat. Manfaat dari era digital ini adalah banyaknya sumber informasi, komunikasi tidak dibatasi jarak, pembelajaran jarak jauh dan lain-lain. Jika era digital tidak terkontrol, maka akan berakibat buruk, yaitu gangguan kesehatan, gangguan konsentrasi dan emosi, menurunnya prestasi, terganggunya perkembangan fisik dan terganggunya perkembangan sosial dan Bahasa.

Untuk mengontrol perkembangan era digital ini, orang tua perlu melakukan pola asuh yang efektif, diantaranya:

  • Basic Trust ( menanamkan kepada anak untuk percaya kepada kita sebagai orang tua )
  • Keteladanan ( menanamkan keteladanan, contoh yang patut di tiru kepada anak kita )
  • Cinta dan Kasih Sayang ( memberikan cinta dan kasih sayang kepada anak2 kita)
  • Komunikasi ( menjalin komunikasi yang baik dengan anak ). (MIF)

 

Berita Lainnya

HAPPY FRIDAY “Menanam dan Memasak Bersama”

Siswa dan siswi TPA Baby Class Harapan Bunda mengikuti agenda HAPPY FRIDAY yang diadakan di halaman sekolah. Dengan menyesuaikan tema Tumbuhan, kegiatan ini diisi dengan senam pagi, membuat jus mangga dan menanam daun bawang bersama-sama. Agenda HAPPY FRIDAY “Menanam dan Memasak Bersama” ini diadakan sebagai pengganti kegiatan rutin TPA Baby Class Harapan Bunda yaitu Outing […]

Kemah Bakti IX “Langkah Kecil, Berjuta Manfaat”

Banyumas – Kemah Bakti ke- IX SDIT Harapan Bunda Purwokerto mengusung tema “Langkah Kecil, Berjuta Manfaat”. Bertempat di bumi perkemahan Kendalisada Banyumas, SDIT Harapan Bunda Purwokerto kembali mengadakan kemah pada 25-27 September 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 246 siswa-siswi kelas 4 sampai kelas 6, serta 40 ustadz ustadzah panitia dan pendamping.   Adapun beberapa kegiatan didalamnya […]

Keseruan Siswa Boarding SMP IT Harapan Bunda Purwokerto Sambut Ramadan

Bertempat di Aula Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Harapan Bunda Purwokerto, siswa kelas program boarding ikuti Tarhib Ramadan, Rabu (30/03). Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka sambut Ramadan ini diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari kajian, nonton film bareng, pentas seni sampai agenda makan nasi goreng besar. “Agenda malam ini dilangsungkan dalam rangka menyambut […]
© 2024 Harapan Bunda Purwokerto