PENGUATAN ADAB LEBIH UTAMA

Pembelajaran di luar kelas yang dilaksanakan oleh SMP IT Harapan Bunda dimanfaatkan tim kesiswaan untuk menguatkan adab siswa. Darurat Covid-19 berdampak pada proses pendidikan. Pada bulan Maret selepas diumumkannya kasus Covid-19 di Indonesia, kebijakan kepala daerah mengharuskan proses pembelajaran dilangsungkan dari rumah. Hal tersebut dimaksudkan dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19.

Kondisi tersebut menyebabkan proses belajar tidak bisa lagi dilakukan secara leluasa dengan cara tatap muka. Proses belajar lebih banyak dilakukan dengan melalui aplikasi di gawai.

Oleh karena itu, dalam kegiatan tersebut, Ustadz Sodikin selaku koordinator kesiswaan mengakatan siswa harus menjaga adabnya kepada guru, kepada ilmu, dan kepada orangtua.

“Meski pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, teman teman harus tetap memperhatikan adabnya. Keberkahan itu letaknya di adab,” terang beliau.

Adab adalah etika, moral, atau karakter yang ada di dalam diri seseorang. Adab tidak dapat dibatasi oleh suatu tempat atau peristiwa. Zaman mungkin boleh berubah, namun adab harus tetap dijaga dan dipertahankan dalam melandasi semua tindakan, terlebih lagi dalam proses mencari ilmu.

Di lain sisi, pembelajaran dari rumah telah memberikan waktu lebih banyak siswa berinteraksi dengan keluarga mereka, khususnya orangtua. Kondisi ini memberi peluang lebih banyak anak untuk Berbakti kepada orang tua.

Ustadz Sodikin menukilkan Qur’an surat Al Isra ayat 23, Allah SWT berfirman mengenai larangan anak berkata kasar,melainkan harus bertutur kata mulia kepada orang tua:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” [asr]

Berita Lainnya

INILAH JADWAL EVALUASI PEMBELAJARAN, PAS AWAL DESEMBER

Panitia Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester SMP IT Harapan Bunda Purwokerto akhirnya merilis jadwal kegiatan evaluasi pembelajaran. Jadwal tersebut menyesuaikan dengan kebijakan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Penilaian Akhir Semester semester gasal ini masih harus dilaksanakan secara dalam jaringan mengingat kondisi situasi belum memungkinkan untuk digelar secara tatap muka atau langsung. Apalagi, Kabupaten Banyumas tengah mengalami […]

Mengapa Sekolah Harapan Bunda Purwokerto?

Pendidikan adalah pilar terpenting dalam pembangunan peradaban. Pendidikan yang akan membentuk jiwa-jiwa pemeran drama kehidupan. Ketika pendidikan dibangun menuju pembentukan pribadi-pribadi yang tangguh dan berkarakter, maka hanya ada satu kata dukunglah dan berkembanglah bersamanya. Adalah Sekolah Harapan Bunda Purwokerto menjadi sekolah bermimpikan menciptakan generasi-generasi yang tangguh , kuat dan kokoh. Dengan jargon Sekolah Qurani, Sayang […]

Berbagi Kebahagiaan Iduladha, SMP IT Harapan Bunda Purwokerto Salurkan Hewan Kurban

Hari Raya Iduladha  menjadi satu momentum penting bagi umat Islam untuk semakin termotivasi dan kembali meneladani semangat pengorbanan sebagaimana yang telah diperankan oleh figur fenomenal, Nabiyullah Ibrahim ‘alaihissalam.  Melalui kegiatan berkurban atau menyembelih hewan kurban merupakan salah satu  amal baik yang dianjurkan oleh Allah Swt. SMP Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto bersama lembaga pendidikan Harapan […]
© 2019 Harapan Bunda Purwokerto