PENGUATAN ADAB LEBIH UTAMA

Pembelajaran di luar kelas yang dilaksanakan oleh SMP IT Harapan Bunda dimanfaatkan tim kesiswaan untuk menguatkan adab siswa. Darurat Covid-19 berdampak pada proses pendidikan. Pada bulan Maret selepas diumumkannya kasus Covid-19 di Indonesia, kebijakan kepala daerah mengharuskan proses pembelajaran dilangsungkan dari rumah. Hal tersebut dimaksudkan dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19.

Kondisi tersebut menyebabkan proses belajar tidak bisa lagi dilakukan secara leluasa dengan cara tatap muka. Proses belajar lebih banyak dilakukan dengan melalui aplikasi di gawai.

Oleh karena itu, dalam kegiatan tersebut, Ustadz Sodikin selaku koordinator kesiswaan mengakatan siswa harus menjaga adabnya kepada guru, kepada ilmu, dan kepada orangtua.

“Meski pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, teman teman harus tetap memperhatikan adabnya. Keberkahan itu letaknya di adab,” terang beliau.

Adab adalah etika, moral, atau karakter yang ada di dalam diri seseorang. Adab tidak dapat dibatasi oleh suatu tempat atau peristiwa. Zaman mungkin boleh berubah, namun adab harus tetap dijaga dan dipertahankan dalam melandasi semua tindakan, terlebih lagi dalam proses mencari ilmu.

Di lain sisi, pembelajaran dari rumah telah memberikan waktu lebih banyak siswa berinteraksi dengan keluarga mereka, khususnya orangtua. Kondisi ini memberi peluang lebih banyak anak untuk Berbakti kepada orang tua.

Ustadz Sodikin menukilkan Qur’an surat Al Isra ayat 23, Allah SWT berfirman mengenai larangan anak berkata kasar,melainkan harus bertutur kata mulia kepada orang tua:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” [asr]

Berita Lainnya

BERIKAN RUANG KREASI, OSIS SMP IT HARBUN GELAR CLASS MEETING

Penilaian Akhir Tahun semester genap 2021/2022 telah usai, kini waktunya siswa mengembangkan diri dan berkreasi. Melalui organisasi siswa intra sekolah atau OSIS, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Harapan Bunda Purwokerto menggela class meeting semester genap. Kegiatan yang mulai dilaksanakan pada hari Rabu, 8 Juni 2022 itu dibuka dengan seremoni dan pengarahan dari bidang […]

Siswa TKIT Harapan Bunda melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

  Kegiatan kunjungan ke tempat pembuatan gethuk goreng sebagai bentuk pelaksanaan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema Aku Cinta Indonesia. Anak dikenalkan dg makanan khas Banyumas, berbagai macam makanan yg dibuat dr singkong dll.

Siswa SMP IT Harbund Purwokerto Antusias Belajar Membuat Kripik dan Mendoan

Salah satu olahan pisang yang paling tahan lama dan paling enak adalah keripik pisang. Cara membuat keripik pisang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan pisang goreng. Keripik pisang memiliki banyak variasi seperti keripik pisang asin, keripik pisang manis, keripik pisang coklat, dan masih banyak lagi lainnya. Sebanyak 90 siswa SMP IT Harapan Bunda Purwokerto mengikuti praktik membuat […]
© 2024 Harapan Bunda Purwokerto