Tahun Ajaran Baru, Pelajaran Bahasa Indonesia Lakukan Asesmen Diagnosis Non Kognitif untuk Menyemai Kualitas Siswa yang Holistik

Purwokerto – Menyambut tahun ajaran baru dengan semangat inovasi, pelajaran Bahasa Indonesia di SMPIT Harapan Bunda Purwokerto memulai langkah baru dengan melakukan asesmen diagnosis non kognitif gaya belajar siswa. Tindakan ini bertujuan untuk menyemai kualitas siswa yang holistik dengan memahami karakter dan keunikan setiap individu dalam proses pembelajaran.

Asesmen diagnosis non kognitif yang dilakukan oleh pelajaran Bahasa Indonesia di SMPIT Harapan Bunda merupakan suatu pendekatan yang memperhatikan aspek sosial, emosional, dan kecerdasan lainnya yang tidak terukur melalui tes kognitif tradisional. Fokus dari asesmen ini adalah mengidentifikasi gaya belajar dan preferensi belajar masing-masing siswa, sehingga pengajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan individual mereka.

Dalam menjalankan proses asesmen ini, para guru Bahasa Indonesia menggunakan beragam metode, termasuk observasi kelas, wawancara dengan siswa, serta kuesioner mengenai gaya belajar dan minat siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Data yang diperoleh dari asesmen ini akan membantu guru dalam merancang strategi pengajaran yang lebih efektif dan relevan.

Pengampu Bahasa Indonesia SMPIT Harapan Bunda Purwokerto, Ustadz Bani , menyampaikan pentingnya asesmen diagnosis non kognitif dalam pembelajaran.

“Kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung perkembangan seluruh aspek potensi siswa. Melalui asesmen non kognitif ini, kami dapat lebih memahami kebutuhan dan kecenderungan masing-masing siswa, sehingga pengajaran dapat disesuaikan dengan cara yang paling efektif,” kata Ustadz Bani.

Gaya belajar siswa bisa beragam, ada yang lebih memahami melalui pendengaran, visual, gerak tubuh, atau interaksi sosial. Dengan memahami gaya belajar siswa, para guru dapat menyusun rencana pembelajaran yang lebih variatif dan interaktif, sehingga siswa merasa lebih termotivasi dan terlibat secara aktif dalam proses belajar.

“Asesmen non kognitif gaya belajar ini membuka pintu bagi kami untuk mengetahui preferensi belajar siswa. Kami berharap dengan pendekatan yang lebih personal ini, proses pembelajaran akan menjadi lebih menyenangkan, dan siswa dapat meraih hasil belajar yang lebih optimal.”

Dengan dilakukannya asesmen diagnosis non kognitif gaya belajar siswa, SMPIT Harapan Bunda Purwokerto menegaskan komitmennya untuk mempersiapkan siswa dengan pendekatan holistik yang melampaui aspek akademis semata. Diharapkan, langkah inovatif ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan siswa secara keseluruhan dan mencetak generasi yang berkualitas dalam berbagai aspek kehidupan. [asr]

Berita Lainnya

FIELD TRIP SARANA PENGOKOHAN JASMANI

Berjalan dari satu destinasi ke destinasi tentu membutuhkan fisik yang prima. Hal ini menjadikan pelaksanaan field trip perlu dipersiapkan bukan saja siap secara materil, namun juga berkaitan dengan jasmani. Maka sebelum pelaksanaan field trip, kelompok melalui pembimbing sudah menyampaikan untuk menjaga kesehatan, pola makan, dan tidur. Selama dua hari, siswa diajak melakukan aktivitas kunjungan. Berbagai […]

Bidang Keasramaan SMP IT Harapan Bunda Ajak Siswa untuk Menjaga Adab Tetangga

Tetangga memiliki kedudukan spesial dalam Islam. Rasulullah mencontohkan umatnya untuk bersikap baik kepada tetangga. Melihat hal demikian, SMP IT Harapan Bunda Purwokerto melalui Bidang Keasramaan menggelar kajian Adab Terhadap Tetangga, Selasa (23/02/2021). Kegiatan kajian yang disiarkan lewat Google Meet itu diikuti oleh seluruh siswa SMP IT Harapan Bunda Purwokerto, baik yang boarding maupun reguler. Pada […]

Siswa SMP IT Harapan Bunda Purwokerto Selesai Mengikuti PAT

    Siswa SMP IT Harapan Bunda Purwokerto Selesai Mengikuti PAT Menjelang akhir tahun ajaran 2020/2021, seluruh siswa SMP IT Harapan Bunda Purwokerto dari kelas 7 sampai 8 mengikuti Penilaian Akhir Tahun Semester Genap. Agenda PAT yang dilaksanakan dari tanggal 2 Juni sampai 8 Juni itu kini telah selesai. Pembelajaran semester genap ini masih menggunakan […]
© 2024 Harapan Bunda Purwokerto