Ada Apa di 10 Hari Pertama Bulan Ramadan?

Ramadan menjadi bulan istimewa. Sebuah bulan yang mempertemukan semua insan untuk menjalankan satu perintah yang sama tanpa memandang privilage manusia. Di bulan ini, Allah memerintah orang-orang beriman untuk melaksanakan kewajiban berpuasa, sebagaimana disebutkan dalam QS. Al Baqarah ayat 183.

Pelaksanaan Pesantren Ramadan SMP IT Harapan Bunda Purwokerto hari kedua mengangkat tema 10 hari pertama di bulan Ramadan.

Pada bulan Ramadan menyimpan banyak begitu keutamaan bagi seorang muslim. Salah satu keutamaan itu ada pada 10 hari pertama bulan Ramadan.

Proses mengawali ibadah puasa pada hari hari pertama tentu membutuhkan perjuangan, khususnya bagi yang tidak terbiasa melakukan puasa sunah. Di 10 hari pertama inilah, terjadi proses adaptasi menahan lapar serta haus mulai dari awal subuh hingga terbenamnya matahari.

Pada 10 hari pertama ini, Allah akan membukakan pintu rahmat sebesar-besarnya kepada umat Muslim yang menjalankan puasa dengan niat ikhlas dan tulus karena-Nya.

Rasulullah SAW bersabda: “Adalah bulan Ramadhan, awalnya rahmat, pertengahannya ampunan, dan akhirnya pembebasan dari api neraka” (HR. Baihaqi).

Mengangkat tema ini diharapkan para siswa lebih bersemangat menjalani ibadah puasa Ramadan. [asr]

Berita Lainnya

BUKAN SEBATAS KARYAWAN

Karyawan atau Pekerja itu bisa di kantoran, rumah makan, minimarket dan lain – lain. Ada karyawan yang terpaksa bekrja di tempat tersebut, ada pula yang memang sesuai dengan keinginan.  Ada karyawan bersungguh sungguh, ada juga karyawan yang malas – malasan. Ada juga karyawan yang menuntut haknya harus terpenuhi, tapi dalam kewajibannya masih banyak sekali kekurangan. […]

SMP IT Harapan Bunda bersama Komite Gelar Parenting dan Sekolah Quran

  SMP IT Harapan Bunda Purwokerto mengadakan kegiatan parenting di Aula SD IT Harapan Bunda, Sabtu (01/02)). Kegiatan yang diadakan sejak pukul 08.00 WIB tersebut, mengambil tema ‘Asyiknya belajar Quran metode WAFA”, dengan narasumbernya adalah Usth Seli Dewi Lestari (Direktur WAFA Center Banyumas). Kepala SMP IT Harapan Bunda Purwokerto , Ust Lukmanul Hakim mengatakan, kegiatan […]

Lomba Hasta Karya Guru dan Siswa SDIT Harapan Bunda Purwokerto

Pada bulan Oktober 2019 SDIT Harapan Bunda Mengadakan lomba hasta karya guru dan murid.Dimana guru dan murid mendapatkan tantangan untuk bekerja sama membuat hasta karya dari barang bekas dan non barang bekas. Alhamdulillah semua kelas mengikuti dengan dengan antusias, terbukti dari 18 kelas semua mengumpulkan hasil hasta karya. Waktu pengerjaan karya sekitar 3 pekan. Dag […]
© 2019 Harapan Bunda Purwokerto