MINAT BAKAT MOTORIK HALUS SMPIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO “CRAFT”

Motorik halus melibatkan koordinasi kecil antara tangan dan mata untuk melakukan tugas-tugas yang memerlukan presisi dan ketelitian. Motorik halus craft dapat mencakup berbagai jenis keterampilan, seperti merajut, merenda, mengukir, mewarnai, dan banyak lagi. Jika memiliki minat dalam motorik halus dan kerajinan tangan, siswa dapat melakukan berbagai macam keterampilan seperti :
1. Merajut atau Merenda: Ini adalah kegiatan yang melibatkan penggunaan benang dan jarum untuk membuat berbagai macam karya, seperti pakaian, selimut, atau dekorasi rumah.
2. Melukis atau Mewarnai: Jika Siswa menyukai seni visual, melukis atau mewarnai bisa menjadi pilihan yang baik. Siswa bisa menggunakan berbagai media, seperti cat air, cat minyak, pensil warna, atau bahkan media digital.
3. Mengukir atau Pahat: Jika Siswa tertarik pada seni tiga dimensi, mengukir atau pahat dapat memberi Siswa kesempatan untuk menciptakan karya dari berbagai jenis bahan, seperti kayu, batu, atau bahan lainnya.
4. Merakit Model: Merakit model pesawat, kapal, atau kendaraan lainnya memerlukan keterampilan motorik halus dan kreativitas. Ini bisa menjadi hobi yang memuaskan dan mengasah ketelitian Anda.
5. Kerajinan Kertas: Membuat origami, kartu kertas, atau bahkan miniatur dari kertas bisa menjadi cara yang bagus untuk mengembangkan motorik halus Anda.
6. Membuat Perhiasan: Membuat perhiasan seperti gelang, kalung, atau anting-anting memerlukan keterampilan halus dalam menangani kawat, manik-manik, dan komponen kecil lainnya.
7. Kerajinan Tekstil: Menggubah kain, menjahit, atau membuat aksesori dari kain juga melibatkan keterampilan motorik halus.
8. Puzzle dan Mainan Konstruksi: Bermain puzzle atau merakit mainan konstruksi seperti LEGO membutuhkan ketelitian dalam menggabungkan bagian-bagian kecil.
9. Seni Digital: Jika Siswa tertarik pada seni digital, menggambar atau merancang di komputer atau tablet grafis juga memerlukan motorik halus dan pemahaman tentang alat-alat digital.
10. Keramik: Membuat keramik melibatkan membentuk tanah liat dan mungkin juga menghiasnya sebelum dipanggang.
Ingatlah bahwa mengejar minat dalam motorik halus dan kerajinan tangan tidak hanya akan memberikan siswa kesenangan dan pencapaian pribadi, tetapi juga bisa membantu mengasah keterampilan kreatif dan koordinasi siswa. Cobalah beberapa aktivitas yang berbeda dan lihat mana yang paling siswa nikmati dan kuasai. [anf]

Berita Lainnya

SILATUROHIM SYAWAL 1443 H KELUARGA BESAR YAYASAN PERMATA HATI PURWOKERTO

  SILATUROHIM SYAWAL 1443 H KELUARGA BESAR YAYASAN PERMATA HATI PURWOKERTO   Silaturohim di bulan syawal atau lebih populer dengan sebutan Halal bihalal adalah salah satu tradisi yang berkembang di kalangan masyarakat Islam Indonesia. Tradisi ini biasanya dilaksanakan setelah hari raya Idul fitri. Acara yang identik dengan kumpul bersama, menyimak materi tausyiah, bersalam-salaman dan santap […]

TUMBUHKAN POTENSI SISWA MELALUI PROGRAM MINAT BAKAT

Perkembangan potensi diri yang ada pada siswa, tidak dapat tumbuh berkembang begitu saja tanpa dibantu dan diaktivasi. Masing-masing siswa tentu memiliki minat dan bakatnya sendiri. Disinilah peran utama sekolah sebagai media pendidikan dan pembelajaran bagi perkembangan potensi diri siswa. Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Harapan Bunda Purwokerto memahami bahwa manusia diciptakan secara sempurna […]

Siswa SMP IT Harapan Bunda Purwokerto Selesai Mengikuti PAT

    Siswa SMP IT Harapan Bunda Purwokerto Selesai Mengikuti PAT Menjelang akhir tahun ajaran 2020/2021, seluruh siswa SMP IT Harapan Bunda Purwokerto dari kelas 7 sampai 8 mengikuti Penilaian Akhir Tahun Semester Genap. Agenda PAT yang dilaksanakan dari tanggal 2 Juni sampai 8 Juni itu kini telah selesai. Pembelajaran semester genap ini masih menggunakan […]
© 2024 Harapan Bunda Purwokerto