RATUSAN WALI MURID HARBUN 2 MENGIKUTI PEMBEKALAN GADGET AMAN BAGI ANAK

Purwokerto,Saat ini memasuki era digital, dimana segala aktivitas didominasi oleh penggunaan teknologi khususnya gadget. Menjauhkan gadget dari anak sangat mustahil. Karena gadget menjadi sarana dan memiliki dampak dalam perkembangan tersebut. Masalahnya, tidak semua anak mampu survive dengan perkembangan arus informasi dan teknologi saat ini. Banyak anak kecanduan dengan game online, malas belajar, hingga maraknya perundungan.

Atas kondisi tersebut, SDIT Harapan Bunda 2 Purwokerto yang bekerjasama dengan Komite Sekolah Harbun 2, menggelar Parenting Akbar dengan tema “Kiat Menyiapkan Generasi Kreatif dan Berkarakter di Era Digital”, Ahad (12/2/2023). Acara ini sekaligus sebagai bentuk terimakasih sekolah kepada wali murid yang telah turut menyukseskan PPDB TA 2023/2024  karena kuota sudah terpenuhi.

“Parenting Akbar ini diselenggarakan untuk membekali orang tua mendampingi dan memandu Ananda. Karena sangat sulit menjauhkan anak dari gadget. Permasalahan yang terjadi pada anak, lalu bagaimana cara proses pendampingannya, dan solusi agar anak bisa meningkat kreativitas dan berkarakter. Maka sekolah mengundang dua narasumber yang berkompeten”. Jelas Ustadzah Shanti Nurhayati, S. E., M. Pd dalam sambutannya.

 

Topik membentuk karakater anak di era digital disampaikan oleh narasumber pertama. Yaitu Dyah Astorini, S. Psi., M. Si. Ia menyampaikan, “untuk membentuk karakter dan kreativitas anak di era digital seperti ini, maka harus dibuat program jelas, terarah, dan orang tua harus melibatkan anak dalam membuat programnya. Misal komitmen membatasi durasi screentime hanya 2 jam tiap pekan”. Tegas Bu Rini saat presentasi.

 

 

 

Presentasi pembahasan materi kedua oleh DR. Berlilana, M. Kom, M. Si. . Dengan topik pertama yaitu tips dan trik aman menggunakan gadget yang aman bagi anak dan dan topik kedua menjadikan generasi kreatif di era digital. Ia menyampaikan, “sebagai orang tua kita dapat melindungi anak dari konten vulgar dengan pengaturan  safe search google dan restrict content pada gadget, juga dapat memblokir aplikasi yang tidak diperlukan anak.

Disambung dengan topik kedua yaitu anak-anak dapat difasilitasi gadget atau device lain jika memang anak dapat mengembangkan potensi dengan device tersebut. Tukasnya.

Acara dilakasanakan di Gedung Roedhiro, Unsoed Purwokerto. Selain parenting. Acara dimeriahkan, oleh tampilan hardroh, tarian wonderland dari siswa-siswi SDIT Harapan Bunda 2 Purwokerto, dan pembagian doorprize. Secara keseluruhan acara berjalan lancar. (Kak Rommi)

 

 

 

 

 

Berita Lainnya

KSN SEBAGAI AJANG PENGUATAN KEPRIBADIAN

Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 telah selesai dilaksanakan. SMP IT Harapan Bunda Purwokerto tidak lupa turut serta mengirimkan kontingennya dalam gelaran yang tahun ini dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) tersebut. Keikutsertaan SMP IT Harapan Bunda Purwokerto bukan semata mata agar meraih prestasi. Gelaran KSN dapat dijadikan pula sebagai ruang untuk menambah pengalaman siswa. Dengan sering […]

APRESIASI PRESTASI SISWA, SMP IT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO BERI PENGHARGAAN BAGI 10 BESAR SISWA CAPAIAN TAHFIDZ TERBANYAK

Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Harapan Bunda Purwokerto memberikan apresiasi kepada 10 siswa dengan capaian hafalan Al-Qur’an terbanyak periode semester gasal 2021-2022. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala SMP IT Harapan Bunda Purwokerto, Ustadz Lukmanul Hakim selepas Upacara Bendera,  Senin (17/1) di halaman sekolah. Kesepuluh siswa yang meraih juara itu adalah Alifa Taqiya […]

Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan dengan Kegiatan Market Day

Salah satu kegiatan rutin SD IT Harapan Bunda 2 Purwokerto adalah market day. Kegiatan market day rutin dilaksanakan setiap jumat. Petugas market day adalah kelas 2 sampai kelas 5 serta perwakilan dari ustadz dan ustadzah secara bergantian. Jumat, tanggal 27 Januari 2023 yang bertugas adalah kelas 3 al jauhary serta ada lima perwakian dari ustadz […]
© 2024 Harapan Bunda Purwokerto